Review Lenovo Legion 5 Pro

TeknologiTerbaru : Banyak pecinta teknologi tanah air telah menunggu laptop dengan spesifikasi terkini, memadukan prosesor AMD Ryzen seri 5000 terbaru dan GPU Nvidia GeForce RTX 30 Series. Nah, kini laptop dengan kombinasi tersebut hadir untuk di review, yakni Lenovo Legion 5 Pro.

Ini adalah laptop gaming pertama di dunia yang memiliki layar QHD 16 inci, 165Hz. Legion 5 Pro juga berjalan pada prosesor AMD Ryzen 75800H dan menggunakan GPU GeForce RTX 3070.

Tentunya dengan segala spesifikasi terkini, laptop ini tidak murah meriah. Namun, dengan semua yang bisa didapat, harganya juga sangat cocok.

Penasaran ingin tahu berapa harga laptop Lenovo Legion 5 Pro ini? Koreksi dulu, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


Rancangan

Perangkat ini tentunya memiliki desain clamshell dimana material yang digunakan adalah aluminium. Lenovo Legion 5 Pro kembali hadir dengan desain klasik Lenovo Legion, dengan bentuk dan lekuk laptop gaming.

Desain klasik Lenovo Legion diperkuat dengan logo Y bercahaya putih di bagian belakang layar besar. Untungnya, Lenovo Legion 5 Pro masih terlihat sederhana dan terlihat seperti laptop profesional.

Desain ini juga cocok untuk mereka yang ingin menggunakan laptop berperforma tinggi, namun dengan tampilan yang tidak menarik perhatian banyak orang di tempat umum seperti kantor atau kedai kopi. Ini sesuai dengan slogan Lenovo Legion: bergaya di luar, buas di dalam.

Warna yang dihadirkan adalah Storm Grey. Dimensi: panjang 35.6 cm, lebar 26.4 cm, tebal sisi tertipis 2.17 cm dan tebal sisi paling tebal 2.68 cm.

Bobot laptop ini mencapai 2,56 kg. Sedangkan pengisi dayanya adalah 891 gram. Mungkin adaptor pengisi daya ini berat karena merupakan pengisi daya 300W. Jadi, berat totalnya adalah 3,46 kg.

Ukuran layar Legion 5 Pro adalah 16 inci, ukuran layar baru yang belum pernah kami lihat di laptop gaming sebelumnya. Ukuran ini sepertinya merupakan kompromi antara layar yang lebih besar dari 15,6 “, tetapi tidak sebesar laptop gaming 17,3”. Syukurlah, dengan layarnya yang besar, ukuran casing Lenovo Legion 5 Pro masih terasa seperti laptop 15,6 inci.

Resolusi layar – QHD (2560 x 1600 piksel) dengan rasio aspek 16:10. Rasio aspek ini membuat tampilan layar lebih lebar selama bermain game dibandingkan saat menggunakan rasio aspek 16: 9.

Panel IPS bekas dengan gamut warna 100% sRGB dan tingkat kecerahan 500 nits. Ini juga didukung oleh teknologi VESA DisplayHDR dan Dolby Vision. Layar tersebut juga telah dikalibrasi di pabrik Lenovo sendiri dengan sertifikasi X-Rite Pantone.

Kecepatan refresh, yaitu 165Hz, juga relatif baru untuk laptop gaming. Sedangkan waktu responnya 3ms.

Layar profil warna dapat X-Rite Color Assistant dengan opsi

Rek. 709
sRGB
Default
Tidak dikalibrasi

Layarnya memiliki lapisan anti reflektif sehingga lebih nyaman digunakan. Bezel layarnya memiliki desain tipis di empat sisi. Bahkan bezel bawah yang biasanya tebal kini telah menipis.

Dengan demikian, rasio screen-to-body mencapai 90%. Terdapat notch di bingkai tengah atas yang akan memudahkan pengguna untuk membuka layar dan ruangan untuk kamera 720P 30 FPS.

Dari segi audio, perangkat ini dibekali dua buah speaker yang terletak di sisi meja. Perangkat lunak Nahimic dirancang untuk manajemen profil audio. Software Nahimic juga menyediakan fitur SoundTracker yang akan menampilkan radar overlay saat Anda bermain, yang akan menentukan arah suara yang masuk.

Untuk konektor dan tombolnya tersebar di kiri, kanan dan belakang :

Kiri

1 x USB 3.2 Tipe-C Gen 2 (10 Gb / dtk)
    Mendukung Display Out dengan Display Port Protocol
1 x 3,5 mm colokan audio kombo

Kanan

Sakelar rana elektronik kamera
    Digunakan untuk mematikan kamera laptop agar lebih aman
    Membuat Windows tidak dapat mendeteksi modul kamera
1 x USB 3.2 Gen 1 (5 Gb / dtk)

Belakang

1 gigabit Ethernet
1 x USB 3.2 Tipe-C Gen 2 (10 Gb / dtk)
    Mendukung pengiriman daya
    Mendukung Display Out dengan Display Port Protocol
2 port USB 3.2 Gen 1 (5 Gb / dtk)
1 x HDMI
2 port USB 3.2 Gen 1 (5 Gb / dtk)
    Mendukung fungsi Always On
1 masukan DC

Lenovo sepertinya sangat memperhatikan penempatan masing-masing konektornya agar tidak ada kabel di sisi kanan dan kiri laptop yang akan mengganggu pergerakan mouse.

Sedangkan untuk keyboard, laptop ini dilengkapi dengan gaming keyboard Legion TrueStrike. Keyboard gaming soft-fit baru dari Lenovo. Jarak tempuh 1,5 mm.

Keyboard dasar sekarang memiliki zona bantalan yang lebih luas, memberikan rasa “pas lembut” saat tombol ditekan sepenuhnya. Desain ini dikatakan memberikan pengalaman keyboard yang lebih nyaman untuk bermain game dan mengetik.

Keyboard ini juga mendukung teknologi N-Key Rollover dan 100% bebas hantu. Selain itu, ia dilengkapi tombol Papan Angka, dengan tombol panah seukuran tombol lainnya (tidak diciutkan). Setiap kancing memiliki lapisan khusus anti oli dan anti aus, sehingga tidak cepat aus dan tahan lama.

Keyboard tersebut dilengkapi lampu backlit putih dengan dua tingkat kecerahan. Lampu latar putih membuat laptop sederhana. Tingkat kecerahan diubah dengan menekan tombol Fn + SpaceBar.

Posisi touchpad sejajar dengan spasi, yang sangat khas untuk produk Lenovo. Anda bisa mengetik dengan nyaman karena tangan Anda tidak memasuki area touchpad. Panel sentuh tidak memiliki tombol khusus untuk klik kiri dan kanan. Dan touchpad sudah menggunakan driver presisi Windows.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>